Tiara Bunda

PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN KEBIDANAN

PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN KEBIDANAN
IJIN MENRISTEKDIKTI RI NOMOR 926/M/2020, TANGGAL 07 OKTOBER 2020
UU Pendidikan Tinggi No.12 Tahun 2012 menjelaskan tentang Jenis Pendidikan Tinggi di Indonesia terbagi atas 2 (dua) bagian; yaitu Pendidikan Akademik yang diarahkan pada penguasaan dan pengembangan cabang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi terdiri atas S1, S2, dan S3. Jenis Pendidikan Tinggi lainnya adalah Pendidikan Vokasi yang menyiapkan Mahasiswa untuk pekerjaan dengan keahlian terapan yang terdiri atas D1 (Ahli Pratama), D2, D3 (Ahli Madya), D4 (Sarjana Terapan), Master Terapan, dan S3 Terapan. UU Dikti juga menjelaskan bahwa jenjang Pendidikan S1 dan D4 berada pada Level KKNI* yang sama yaitu Level-6. *KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). Kesimpulannya adalah:

  • S1 dan D4 berada pada Level KKNI yang sama yaitu pada Level 6.
  • S1 dan D4 sama-sama dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan S2.
  • S1 adalah pendidikan Akademik yang fokus kepada pengembangan daya nalar sehingga muatan mata kuliahnya 60% adalah Teori; sedangkan D4 adalah pendidikan Vokasi yang fokus kepada meningkat keahlian terapan tertentu dari taraf terampil menjadi mahir, sehingga muatan mata kuliahnya 60% adalah Praktek.
  • Bila anda lulusan pendidikan D3 Kebidanan (Vokasi) jelas lebih linier bila anda melanjutkan ke jenjang pendidikan Vokasi D4 Kebidanan.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.154 Tahun 2014 tentang “RUMPUN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI SERTA GELAR LULUSAN PERGURUAN TINGGI”, Program Studi D4 Kebidanan menggunakan gelar atau sebutan profesional  Sarjana Terapan Kebidanan (S.Tr.Keb).